NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran
dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering
digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran
pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat ukur dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan konsep
zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya atau penerapan konsep massa jenis
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan pengaruh
suhu terhadap pemuaian zat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran
kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat
dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan
dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapan
konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan jenis
gerak lurus atau penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran
fisis pada usaha atau energi pada kondisi tertentu.
|
||
Menentukan penerapan
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran
fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami
konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam
produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran
fisis pada getaran atau gelombang.
|
Menjelaskan sifat
bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat
cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan cermin/lensa atau
penerapan alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep kelistrikan
dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala
listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan
besaran-besaran listrik dinamis dalam suatu rangkaian (seri/paralel,
Hukum Ohm, Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besarnya
energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara
pembuatan magnet dan kutub-kutub yang dihasilkan.
|
||
Menjelaskan
peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem tata
surya dan proses yang terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan fenomena
alam yang terjadi akibat perubahan suhu atau peredaran bumi-bulan
terhadap matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan
konsep atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia
sehari-hari.
|
Mengidentifikasi
atom, ion, unsur, atau molekul sederhana serta penggunaannya pada produk
kimia dalam kehidupan sehari-hari.
|
8.
|
Mendeskripsikan
klasifikasi zat, sifat-sifat, dan perubahannya.
|
Menjelaskan
sifat-sifat fisika dan atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
Menjelaskan
perubahan fisika atau kimia berdasarkan hasil percobaan.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan
bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh
manusia dan lingkungan.
|
Menjelaskan bahan
kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya.
|
Menjelaskan zat
adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan
ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian
makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan
komponen ekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan
interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Menjelaskan
usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan
antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan
hasil pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan sistem
organ pada manusia.
|
Menjelaskan sistem
peredaran darah pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem
pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem
pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
ekskresi/reproduksi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem
saraf/alat indera pada manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan sistem
organ dalam kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur
dan fungsi jaringan/ organ pada tumbuhan.
|
Menjelaskan respons
tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan proses fotosintesis
melalui percobaan-percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14.
|
Mengaplikasikan
konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan
sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
|
Menjelaskan pertumbuhan
dan perkembangan padamakhluk hidup.
|
Memberi contoh
adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk
hidup.
|
||
Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
Kisi-kisi un ipa 2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar